Minggu, 29 September 2019

Materi Konsep Seni


KONSEP SENI

Ø  Pengertian Seni Secara Umum
Jika dipandang dari segi etimologis, Seni dalam bahasa Sansekerta disebut cilpa dan istilah lain yaitu sani yang berarti pemujaan, pelayanan atau pencarian dengan hormat dan jujur. Sedangkan dari istilah Barat atau Eropa dari kata art (Inggris) yang berarti kemahiran.
Seni adalah kegiatan manusia untuk mengkomunikasikan pengalaman batinnya pada orang lain, yang divisualisasikan dalam tata susunan yang indah dan menarik, sehingga dapat menimbulkan kesan rasa senang atau puas bagi yang menghayatinya.
Budaya adalah hasil cipta rasa dan karsa manusia diwariskan dari generasi ke generasi.
Seni budaya adalah suatu segala sesuatu yang diciptakan manusia yang memiliki unsur keindahan atau estetika secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Ø  Pengertian Seni Menurut Para Ahli
  1. Pengertian Seni Menurut Ensiklopedi Indonesia, Seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.
  1. Pengertian Seni Menurut Aristoteles, Menurut Aristoteles seni merupakan sebuah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu.
  1. Pengertian Seni Menurut Plato & Rousseau, Plato & Rousseau mengemukakan pendapatnya mengenai seni, dan menjabarkan bahwa seni merupakan hasil peniruan alam dengan segala seginya.
  1. Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara, Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa menurutnya Seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan & sifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.
  1. Pengertian Seni Menurut Ahdian Karta Miharja, Menurutnya Ahdian Karta Miharja seni merupakan kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Sudarmaji, Menurutnya Drs. Sudarmaji seni merupakan segala manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume & gelap terang.
  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Popo Iskandar, Drs. Popo Iskandar menjelaskan menurutnya seni merupakan hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.
  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Suwaji Bastomi, Prof. Drs. Suwaji bastomi menjelaskan bahwa menurutnya seni merupakan aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.
  1. Pengertain Seni Menurut Eric Ariyanto, Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
  1. Pengertian Seni Menurut Kutjaraningrat, Menurutnya Kutjaraningrat seni merupakan suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, & peraturan dimana kompleks aktivitas & tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat & biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.
  1. Pengertian Seni Menurut Emanuel Kant, Emanuel Kant menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan seni adalah merupakan sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
  1. Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy, Seni menurut Leo Tolstoy ialah rasa yang menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami.
Ø  Sifat Dasar Seni
1.      Seni bersifat Kreatif
2.      Seni bersifat Individualitas
3.      Seni bersifat Ekspresif
4.      Seni bersifat Abadi dan Hidup Sepanjang Masa
5.      Seni bersifat Universal

Ø  Fungsi Seni
1.      Fungsi Ritual
2.      Fungsi Pendidikan
3.      Fungsi Komunikasi
4.      Fungsi Hiburan
5.      Fungsi Artistik
6.      Fungsi Guna (Seni Terapan)
7.      Fungsi untuk Kesehatan (media terapi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS MANAJEMEN PRODUKSI PERTUNJUKAN

Buatlah Pamflet tentang Pagelaran Tari yang didalamnya mencakup : 1. Tema Pagelaran 2. Kelompok yang akan tampil 3. Waktu dan Tempat pelaksa...